RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN KATEGORI 1 GELOMBANG 2 (28 JANUARI 2023)

Pada Tanggal 28 Januari 2023 ini masih pada rangkaian kegiatan Rapat evaluasi Program Profesi Guru (PPG) Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 ini yaitu diskusi terkait pada mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh setiap Jurusan/Prodi selama kegiatan PPG berlangsung, adapun yang menjadi resume dari diskusi tersebut:
1. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Pendalaman Materi : salah satunya belum mampu mengidentifikasi permasalahan yang mereka hadapi dalam profesi mereka.
b. Pengembangan Perangkat : belum mampu.mendesain pembelajaran yang sesuai dengan alternatif solusi.
c. Uji Komprehensif : belum mampu memaknai Kompetensi Dasar secara mendalam dan merumuskan menjadi indikator yang jelas dan terukur.
d. PPL Aksi 1 : pembelajaran aksi dilaksanakan bertepatan dengan PAS.
e. PPL Aksi 2 : Pelaksanaan PPL bertepatan dengan waktu libur, ada beberapa peserta didik yang sedang di luar kota.
f. Penyusunan Praktik : beberapa mahasiswa ketika menyusun tidak dilengkapi dengan literatur sebagai penguat.

2. Jurusan Pendidikan Jasmani (PENJAS)
Di Jurusan Pendidikan Jasmani mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Masalah Sinyal Mahasiswa Yang Kurang Bagus
b. Beberapa Mahasiswa Yang Belum Paham Dalam Penerapan Materi Terutama Penerapan Model-Model Pembelajaran Seperti PBL Dan PjBL
c. Mahasiswa Ada Yang Belum Bisa Mengoprasikan Teknologi
d. Dalam Pelaksanaan PPL Masih Ada Mahasiswa Yang Sarana Prasarana Kurang Memadai
e. PPL 2 Pelaksanaanya Bersamaan Dengan Libur Sekolah

3. Jurusan Pendidikan Matematika
Di Jurusan Pendidikan Matematika mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Mahasiswa belum paham untuk menurunkan Indikator pencapaian dari kompetensi dasar yang diambil
b. Mahasiswa masih kesulitan dalam membuat tujuan pembelajaran
c. Mahasiswa masih kesulitan dalam membuat bahan ajar
d. Mahasiswa belum bisa membedakan penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan
e. Mahasiswa kesulitan mencari studi literature sesuai dengan permasalahan dan akar masalah yang diajukan.
f. Mahasiswa kesulitan dalam membuat soal HOTS
g. Masih ada mahasiswa yang melewati salah satu sintak pembelajaran dikarenakan lupa.
h. Mahasiswa kesulitan melaksanakan proses pembelajaran ketika menggunakan model PLBL, karena harus menghasilkan produk.
i. Pada saat pelaksanaan rencana aksi 2, peserta didik sedang libur sekolah. Sehingga harus mendatangkan peserta didik ke sekolah dan harus melibatkan ijin orang tua.
j. Mahasiswa kurang menguasai IT, sehingga pengeditan diserahkan kepada orang lain

4. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Kemampuan analisis masalah mahasiswa masih rendah, sehingga masalah yang teridentifikasi belum sepenuhnya yang menjadi masalah utama. Hal ini berimbas pada masalah yang teridentifikasi pada rencana aksi berubah-ubah.
b. Kemampuan analisis masalah berbasis referensi atau kajian literature masih rendah dan motivasi membaca artikel yang rendah
c. Mahasiswa masih mengalami kesulitan terhadap pengintegrasian masalah yang telah teridentifikasi kepada rencana aksi (RPP)
d. Penguasaan mahasiswa dalam membuat Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) masih kurang, terutama dalam membuat IPK yang runut dan runtut mulai C1-C6
e. Kurang pemahaman mahasiswa terhadap syntax PBL dan PJBL
f. Kemampuan berbahasa Inggris masih kurang
g. Pemahaman penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang masih rendah. Mereka tidak menggunakan teknologi secara maksimal baik dikelas dan luar kelas

5. Jurusan Pendidikan Biologi
Di Jurusan Pendidikan Biologi mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Dalam proses penerapan PjBL :
a) Sintaks menguji hasil tidak ideal
b) Sintaks Evaluasi Pengalaman Proyek
c) Penyelesaian produk yang tidak optimal karena diselesaikan di kelas
d) Melatih creative terutama dalam elaborasi dan originality
b. Dalam proses penerapan PBL:
Dilema guru menyajikan masalah di dalam PBL
a) Jika masalah sederhana, siswa paham namun karakteristik PBL berkurang
b) Jika masalah kompleks, siswa pasif dan kesulitan namun karakteristik PBL terpenuhi
c) Strategi guru membuat scenario pembelajaran berupa script respon kepada siswa

6. Jurusan Pendidikan Geografi
Di Jurusan Pendidikan Geografi mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Penguasaan materi dipendalaman materi,
b. Ada kendala ketidaksesuaian basic mengajar Mahasiwa
c. RPP belum sesuai dengan format yang diarahkan
d. Hasil Video edit masih ada yang lebih dalam durasi
e. Model Pembelajaran yang digunakan
f. Editing tulisan, proporsi dalam video edit, kurang sesuai

7. Jurusan Pendidikan Sejarah
Di Jurusan Pendidikan Sejarah mengidentifikasi beberapa masalah terkait pada:
a. Kesulitan dalam pembuatan bahan ajar
b. masih ada yang kesulitan dalam Pengembangan LKPD
c. media pembelajaran yang digunakan ada masih sederhana
d. pembuatan instrument penilaian

Dari yang sudah dipaparkan dan didiskusikan terkait masalah-masalah yang disampaikan oleh setiap jurusan/prodi ini menjadi catatan untuk panitia penyelenggaran yang akan disampaikan juga ke pusat guna untuk melakukan bentuk perbaikan ke depannya, sehingga Program Profesi Guru (PPG) khususnya di Universitas Siliwangi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *